Langsung ke konten utama

Rahasia Teknik Fast Shooting / Memanah Cepat by Kang Roy

Fast shooting atau memanah cepat dalam khazanah panahan tradisional dengan menggunakan horsebow adalah sebuah skill wajib bagi seorang pemanah. Fast shooting merupakan puncak ketrampilan dalam memanah secara insting. Bagaimana memori otot mengambil peran paling besar dalam penggunaan teknik ini.

Sehingga, kemampuan ini adalah sebuah keharusan yang wajib dipelajari oleh setiap pelajar pemanah dimanapun dia berada.

Untuk mempelajari teknik ini, diperlukan waktu yang panjang, bisa berbulan-bulan bahkan bertahun tahun. Tentu dengan frekuensi latihan yang tinggi dan tingkat disiplin yang ketat, karena kita sedang membangun insting, membangun memori otot. Tidak bisa instan! Bahkan semua teknik memanah tidak bisa dipelajari dengan instan.

Tentu, ketika kita memanah cepat, maka tidak ada waktu lagi untuk melihat nock anak panah terpasang di string dengan benar. Mata tertuju ke arah target memanah dan jari jemari kitalah yang berperan dalam melakukan teknik ini. Tanpa melihat!

Maka, saya merangkum setidaknya ada 3 teknik dasar yang wajib dipelajari dalam rangka mendalami teknik fast shooting, yaitu:
  1. Teknik blind nocking
  2. Teknik fast drawing
  3. Akurasi

3 hal ini adalah kesatuan yang tidak bisa dipisahkan dari teknik fast shooting atau memanah cepat. 3 teknik di atas bisa dipelajari secara berurutan, Pertama, pelajari teknik blind nocking, yaitu bagaimana menautkan / memasang anak panah ke tali busur / string tanpa melihat. Biasakan jari jemari kita merasakan posisi nock dan memasangkan ke string tanpa diikuti oleh panduan mata kita. Feel the arrow...

Setelah anak panah terpasang dengan baik di string, maka teknik selanjutnya adalah fast drawing, atau tarik string busur dengan cepat, lalu lepaskan setelah full draw. Di awal-awal, mungkin kita akan sedikit rasa takut dalam menarik tali busur dengan sangat cepat, biasa... khawatir kena jepret dari tali busur kita sendiri. Tapi hal ini wajar, karena baru kita baru belajar.

Yang terakhir adalah akurasi, atau ketepatan. Seringkali, kita sudah bisa memanah dengan cepat, tapi akurasinya amburadul. Kita mengejar kecepatan tembak, tapi tanpa memperhitungkan perkenaan anak panah di bantalan target. Sehingga akurasinya buyar. Maka, perbaiki akurasi sembari mempercepat laju nocking dan drawing kita.

Akan tetapi, sebelum masuk mempelajari teknik ini, peralatan memanah harus disiapkan dengan seksama. Karena hal ini akan mempengaruhi kecepatan kita dalam mendalami teknik memanah cepat ini. Ada beberapa langkah pelajaran awal yang harus dilalui oleh seorang pelajar pemanah dalam mendalami teknik memanah cepat ini. Apa saja? 
  1. Gunakan busur yang ringan tarikannya, 15-20 rotl
  2. Gunakan Kinanah Mamluk (yang menghadap depan)
  3. Gunakan Anak Panah Khusus Fast Shooting
  4. Gunakan anak panah yang banyak, minimal 2 lusin
  5. Latihan tanpa gustuwan / thumbring
  6. Frekuensi latihan yang ketat
  7. Jarak dekat, 3-5 meter
  8. Kuasai 1 teknik saja

Begini secara singkat penjelasannya...

Mengapa saya menyarankan untuk memakai busur yang ringan? Ya agar kita bisa berlatih lama dan tidak mudah capek. Bayangkan kalo kita latihan pake busur 50rotl (lbs), baru 10 rambahan saja, kita sudah KO, karena busurnya berat. Ingat, 10 rambahan di fast shooting, gak sampe 5 menit lho. Sehingga akan lebih nyaman jika kita berlatih dengan menggunakan busur yang tarikannya lebih ringan.

Busur Horsebow


Kinanah mamluk/side quiver adalah quiver yang sangat bagus bagi pelajar pemanah untuk mendalami teknik fast shooting ini. Kemudahan dalam memakai, memasang serta menggunakan quiver jenis ini sudah tidak diragukan lagi.

Quiver jenis ini, juga memudahkan kita dalam mencabut anak panah saat melakukan teknik ini. Separator di quiver juga di desain agar anak panah tidak bertumpuk saat pelaksanaan teknik ini, sehingga kita akan lebih mudah dan cepat dalam mencabut anak panah.

Dan lebih dari itu, kita juga bisa menggunakan sisi lubang yang quiver yang lebih besar jika ingin berlatih dengan menggunakan anak panah yang lebih banyak. efektif dan efisien!

Kinanah Mamluk
Anak panah fast shooting, seperti kita ketahui, haruslah yang mudah digunakan untuk fast nocking + blind nocking. Harus di desain khusus nocknya agar memudahkan para pelajar pemanah untuk  berlatih dan mengembangkan insting mereka dengan lebih cepat. Saya membuat nock anak panah untuk fast shooting seperti gambar di bawah ini, lebih lebar mulutnya. Tentu temen-temen sudah tahu khan maksud dari pembuatan nock seperti ini.

Selain itu, jarak bulu ke dasar nock juga sudah saya perhitungkan dengan cermat, tidak terlalu dekat, sehingga memudahkan kita dalam belajar teknik fast shooting ini. Mudah dicabut, serta bulu tidak rusak. 

Untuk mendapatkan anak panah khusus fast shooting ini, silakan klik link berikut ini: htttp://bit.ly/FastShooting.

Arrow Fast Shooting

video tentang anak panah fast shooting
Dan kita disini sedang melatih memori otot, perlu repetisi atau pengulangan sesering mungkin.

Nah, jika peralatan memanah sudah sesuai untuk berlatih, maka saatnya kita membuat jadwal latihan untuk mendalami teknik fast shooting ini. Latihan harian tidak perlu lama, cukup 30 menit setiap hari, Insya Allah sudah bagus untuk melatih memori otot kita.

Selamat berlatih, dan semoga Allah memberikan kita ketrampilan memanah yang baik.


Kang Roy
Arrow Maker Indonesia
WA: http://bit.ly/081804203044

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Membuat Busur Panah Bambu Disertai Foto/Gambar

Cara membuat busur panahan memerlukan ketekunan dan kesabaran, karena tidak sembarang orang mau dan mampu melewati langkah-langkah pembuatannya. Setiap detail dan setiap inchi dari busur panah yang akan kita buat harus benar-benar kita teliti agar mendapatkan hasil yang sempurna. Akan tetapi, membuat busur panah juga tidak sesulit yang anda bayangkan. Saya akan membagikan cara membuatnya dengan disertai gambar/foto untuk memudahkan anda dalam mengerjakannya. Langkah 1. Siapkan bahan-bahan untuk membuat busur panah dari bambu, antara lain: fiberglass panjang 1 meter, tebal 2 mm, lebar 4 cm, 2 lembar bambu wulung / petung, panjang 1 meter, tebal 2-3 mm, lebar 4 cm, 1 batang handle, panjang 10 cm, lebar 3 cm, tebal 2 cm siyah (tempat meletakkan tali busur) bahan busur panah bambu Siapkan alat-alat lain: Lem epoxy, bisa dibeli di toko besi Klem C Tali pengikat (saya menggunakan tali dari ban dalam sepeda motor) Jig (untuk membentuk kurva busur), Saya menggunaka

Tutorial: Kuncian Tali Busur dan Cara Memegang Gagang Busur

  Tutorial: Kuncian Tali Busur dan Cara Memegang Gagang Busur A. Kuncian Tali Busur Mandal (B. Turki) atau locking atau kuncian kepalan untuk mengaitkan tali busur pada jempol dan melakukan drawing ada 6 jenis dengan kode: 63, 69, 72, 73, 83, 24 sesuai Gambar I. Dari kelima jenis kuncian tersebut saling memiliki kekurangan dan kelebihan serta penggunaannya masing-masing. Tapi kuncian yang paling baik dan paling mudah adalah kuncian 63 dan 69. Kode-kode ini berasal dari kodifikasi sandi angka yang biasa digunakan oleh Orang Arab dan Militer Daulah Islam dahulu. Kuncian 63: kelingking, jari manis dan jari tengah menekuk dengan ujung2nya menekan daging pada dasar jari yang menonjol. Jempol menekuk di bawah telunjuk lalu telunjuk mengunci jempol dengan kuku jempol terletak pada ruas kedua telunjuk dan ujung jempol menempel pada sisi sendi kedua jari tengah. Kuncian 69 sama dengan kuncian 63 hanya jari kelingking, jari manis dan jari tengah pada posisi lurus menyandar pada telapa

Turnamen Nasional Seni Memanah Tradisional Horsebow. Spirit of Heroes I

Kang Roy. Photo by Kang Jeka Sejarah berulang... :) Entah darimana saya harus memulai... Ide mengadakan lomba memanah bergema di grup wa Panah Asmara, sebuah grup kecil yang mewadahi para pemula pelajar pemanah tradisional horsebow di bilangan kota Yogyakarta. Keinginan untuk mengadakan mini turnamen juga sudah sejak lama dimunculkan, tapi sepertinya... kami belum berani untuk unjuk diri merencana dan mengeksekusi ide ini. Gayung bersambut ketika keinginan untuk mengadakan lomba memanah ini saya lontarkan di KPBI Cabang Joglo, hingga akhirnya ide ini di dengan oleh para pengurus KPBI pusat dan ternyata responnya sangat positif. Mengingat... KPBI Cabang Joglo merupakan salah satu cabang awal ketika KPBI berdiri, terlebih lagi... perkembangan pengguna horsebow di kota Yogyakarta juga mengalami peningkatan yang signifikan. Dan yang lebih menjadi pertimbangan adalah... Kota Yogyakarta adalah kota budaya, kota wisata sekaligus kota pendidikan dan dianggap sangat klop